29.6.16

MEMBUAT TAMAN MINIMALIS LENGKAP DENGAN CARA MENGERJAKANNYA

Tidaklah lengkap jika Rumah kita tanpa dilengkapi dengan Taman yang sejuk dan indah. Cara membuat Taman Minimalis ini mungkin akan cocok di rumah baru kita tanpa perlu dengan area yang terlalu luas.


MEMBUAT TAMAN MINIMALIS


TIPS MEMBUAT TAMAN MINIMALIS LENGKAP


Interior Home Design - Di bahasan kali ini kami akan mencoba mengulas cara membuat taman minimalis dimana kami menulis artikel tersebut di sertai dengan panduan yang cukup lengkap, sebelum kami akan menyapa anda terlebih dahulu selamat datang kepada anda yang telah bersedia meluangkan waktu untuk mengunjungi halaman website kami homy-interior.blogspot.co.id semoga anda dalam keadaan sehat lahir batin.

Membuat Taman Minimalis dengan memanfaatkan ruang kecil di rumah kita. Bagaimana caranya cara membuat taman yang baik dan benar yang dimana sebenarnya semua orang bisa membuat taman tapi tentu sebelum anda membuat taman ada beberapa hal yang harus anda fahami terutama dari jenis tanaman hias yang akan di tanam di area taman kita.

Terkadang agak sedikit memerlukan waktu untuk sekedar menentukan Jenis tanaman apa yang akan kita tempatkan di rumah kita. Taman minimalis sangat tergantung berapa luas area tanam dan dimana kita meletakkan tanaman tersebut. Kadar Cahaya matahari yang masuk pada ruang tersebut menjadi pertimbangan utama untuk memilih jenis tanaman yang cocok.


1. Gunakan Tanak yang subur dan cukup Pupuk?


Perlu tanah yang subur untuk taman kita ini, karena pada dasarnya untuk membuat taman yang baik membutuhkan tanah yang subur dari itu usahakan lah menggunakan media tanam yang baik di karenakan pada awal pembuatan taman kita akan menggunakan media tanam tersebut sebagai bahan dasar dari pembuatan taman sebagai awal tumbuhnya tanaman.


2. Siapkan peralatan pertanian sederhana


Peralatan perlu untuk memulai membuat Taman Minimalis ini. Hal ini di karenakan membuat taman tidak jauh berbeda dari bertani yang dimana gulma harus di buang bersama akar, puing atau brangkal harus di buang jauh karena tidak mungkin jika kita memasukan puing pada area taman kecuali jika puing tersebut di gunakan sebagai sarana resapan air, tapi untuk membuat resapan air pada area taman harus membutuhkan material tambahan dari itu kami tidak akan membahas lebih jauh mengenai resapan airnya.


3. Menentukan Jenis tanaman hias yang anda gunakan


Pada area taman minimalis Jenis Tanaman harus di sesuaikan dengan konsep yang sudah ditetapkan. Pastikan keinginan Anda sesuai dengan karakter tanaman dan ruang yang tersedia. Apakah itu tanaman yang tahan terhadap panas matahari atau tanaman hias basah yang tidak kuat terhadap sinar matahari langsung.


4. Menentukan anggaran membuat taman Minimalis 


Disini yang kami maksud adalah menghitung volume kebutuhan tanaman hias pada area taman dan memperhatikan harga tanaman sehingga tidak akan memberatkan biaya pebuatan, atau untuk menghindari adanya kerugian jika kita belum yakin akan karakter tanaman yang akan kita beli.



MULAI MENANAM TANAMAN DI TAMAN MINIMALIS


Langkah pertama kita harus membuang semua gulma dan puing yang ada pada area taman. Kemudian jika dirasa cukup bersih silahkan taburkan tanah di atasnya dengan ketebalan min 10 cm dengan asumsi 1 truk 5 kubik : 10cm = 50m2 , atau sederhanya 1 truk bisa di pakai untuk 50m2. Itupun jika tanah pada area sebelumnya tidak bisa digunakan.


Membuat kontur taman dengan tanah yang tersedia.


Kontur taman pada Taman Minimalis adalah sebuah gundukan tanah yang di bentung dengan mengikuti konsep taman yang di pakai pada area taman yang dimana bentuk tersebut bisa menggunakan pola dasar seperti bulat, oval, dan sabit.Jadi seperti membentuk dasar atau area tanam yang kita inginkan. 


Cara membuat kontur taman minimalis sangat sederhana anda tinggal tumpukan tanah di daerah tertentu yang dimana kontur taman harus di atur ukuran dan ketinggiannya misalkan anda akan membuat kontur taman di sudut dekat jendela yang dimana anda ingin membuat kontur dengan ketinggian 50cm dengan lebar 200cm2. Ini bisa kita atur dahulu sebelum proses penanaman.

Tumpukanlah tanah di area yang telah anda tentukan lalu injak gundukan tanah tersebut supaya menjadi padat secukupnya. Disini perlu diketahui adalah jika anda ingin membuat kontur taman, kontur tersebut harus benar benar kokoh dan tidak mudah rusak jika di terpa air atau pun di tanaman tanaman, untuk membuat kontur taman yang kokoh anda harus membuat kontur taman dengan tingkat kepadatan yang tinggi salahsatu caranya adalah menekan bagian kontur taman tersebut dengan cara di injak dengan berat tubuh kita.

Atur kondisi tanah Taman Minimalis anda sedemikian rupa sampai kira0kira cocok dengan keinginan anda. Kikislah sebagian tanah yang memang ingin anda kikis fungsinya sebagai pembentukan kontur contoh bila yang anda inginkan bentuk kontur segitiga tapi bentuk kontur awal masih bulat anda tinggal mengikisnya dengan perlahan.


Cara menanam tanaman di taman Minimalis


Tanamlah jenis tanaman yang paling besar dahulu dari semua tanaman yang sudah ada. Ini bermaksud membuat pusat dari Taman kita. Perhatikan posisi dan letak yang pas agar nanti kita tidak harus merubahnya lagi.

Caranya sama anda tinggal buat lubang dengan cangkul sesuai dengan ukuran akar pohon Tanaman tersebut. akar pohon berdiameter 50cm2 anda tinggal buat lombang dengan lebar 70cm2. karena sisa yang 20cm2 akan kita berikan pupuk organik dan memudahkan kita memasukan akar pohon kedalam lombang

Kemudian anda tinggal menanam jenis tanaman yang sudah anda pilih di bawah pohon yang sudah tertanam tersebut.

Buatlah kelompok jenis tanaman yang akan di tanam dan bagian pengelompokan ini penting karena akan menentukan nilai estetika tanaman yang anda buat di Taman Minimalis ini.

Misalkan anda memilih jenis tanaman puring di area tersebut jangan mencampur secara aduk dengan jenis tanaman yang lainnya. Usahakan untuk menanam jenis tanaman mulailah dari tanaman yang paling tinggi dan mulailah menanam dari belakang ini di karenakan supaya jenis tanaman yang lainnya tidak terinjak.

Mulai menanam rumput di Taman Minimalis

Jika semua tanaman anda sudah tertanam dengan rapih maka anda tinggal menanam rumput, saya sarankan bagi anda yang pemula untuk membeli rumput lempeng ini di karenakan bila anda menanam rumput di tandur harus memiliki ke ahlian khusus. Selalu awali dengan pemupukan tanah sebelum anda menanam.

Jika rumput lengpeng sudah tersedia anda tinggal menanamnya. Meletakkan rumput di taman Minimalis lalu pukul dengan alat keras atau sejenisnya agar Akar Rumput tersebut benar-benar menyatu dengan tanah. Jadi anggaplah lempengan rumput tersebut sebagai keramik rumah, pasang satu persatu lempengan tersebut rumput dengan rapih danjarak yang sama.

Lalu yang terahir pukul rumput itu dengan keras dengan menggunakan balok, tidak usah khawatir itu cara yang di pakai untuk menanam rumput fungsinya agar tanah yang di bawa oleh rumput dan tanah yang ada pada area taman menyatu dengan baik.

Sebelum Taman Minimalis ini tumbuh rapi, perhatikan kebutuhan air dan pupuk jika memang masih diperlukan.Selamat mencoba dan menikmati Taman Minimalis anda dengan keluarga.

Artikel Terkait

D-Interior Custom Made Furniture Simply Special,,, Office : (021)75902959 Mobile : 085717751807 Email : temanada@mail.com


EmoticonEmoticon